Ads 468x60px

Photobucket Photobucket

Labels

Sample Text

Minggu, 03 Mei 2015

Komputasi Awan


Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap
infrastruktur teknologi yang membantunya.Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud

Implementasi Komputasi Awan
Ada tiga poin utama yang diperlukan dalam implementasi cloud computing, yaitu :
Computer front end
Biasanya merupakan computer desktop biasa.
Computer back end
Computer back end dalam skala besar biasanya berupa server computer yang dilengkapi dengan data center dalam rak-rak besar. Pada umumnya computer back end harus mempunyai kinerja yang tinggi, karena harus melayani mungkin hinggga ribuan permintaan data.
Penghubung antara keduanya
Penghubung keduanya bisa berupa jaringan LAN atau internet.


  • Implementasi Cloud Computing dalam pemerintahan (E-Goverment)

Cloud Computing dalam pemerintahan (E-Goverment) dapat mendongkrak kinerja khususnya dalam bidang pemerintahan. E-Goverment dapat membantu para staff di bidang pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat. Pemerintah dalam negara Indonesia telah menggunakan cloud computing. Contoh pertama yaitu sebagai penyediaan sumber informasi. Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyediakan layanan Cloud Computing sebagai layanan jasa alih daya pengelolaan TIK untuk instansi pemerintah. Layanan ini bertujuan untuk dapat mewujudkan percepatan e-government, karena memungkinkan pengguna pemerintah berkonsentrasi dalam memberikan layanan dan tidak dipusingkan dengan konfigurasi maupun pemeliharan perangkat teknologi informasi.

  • Cloud Computing di bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran manfaat teknologi ini cloud computing di Indonesia juga diperlukan penggunaan teknologi yang memadai termasuk juga teknologi informasi berbasis cloud computing. Seperti halnya pengembangan “Telemedicine”, yakni pelayanan di bidang kesehatan jarak jauh. Ini berarti bahwa layanan pengobatan yang mencakup semua bentuk pengobatan yang memanfaatkan media, dimana pasien dan dokter dapat berkomunikasi jarak jauh. Baik menggunakan telepon seluler, telepon rumah, internet dan sebagainya. Telemedicine juga didefinisikan sebagai transfer data medis elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya via online.
Telemedicine dapat dikatakan sebagai alat yang dapat membantu banyak orang dengan beragam masalah kesehatan. Sangat banyak manfaat yang ditawarkan dalam penggunaan Telemedicine, seperti halnya efektivitas waktu, biaya dan tenaga, artinya pasien tidak perlu untuk jauh-jauh datang ke rumah sakit yang menghabiskan banyak waktunya di perjalanan, biaya bahan bakar, dan fisik bertahan di tengah-tengah kemacetan untuk berkonsultasi masalah kesehatan dengan dokter, cukup dengan memanfaat teknologi informasi seperti halnya email atau bahkan video conference dan lain sebagainya.
Adapun manfaat lain yang ditawarkan yakni mengatasi persebaran tenaga medis atau ahli kesehatan, dokter yang sudah professional yang persebarannya tidak merata disetiap daerah yang ada di Indonesia. Intinya, dengan Telemedicine, pasien dapat berkonsultasi dan melakukan pengobatan jarak jauh denga dokter ahli yang ia percayai mampu untuk membantu permasalahannya.
Disisi lain dengan penggunaan Telemedicine ini juga tidak akan menutup kemungkinan untuk menimbulkan resiko seperti halnya cyber crime. Misalnya, penggunaan Telemedicine ini dijadikan sebagai kedok penipuan yang nantinya dapat merugikan pihak lain. Namun hal-hal semacam ini dapat sedikit ditekan dengan penggunaan security bagi semua pemakai jasa cloud computing.




  • Cloud Computing di bidang Pendidikan

Pada bulan Februari 2010, Cichannelinsider.com menerbitkan “Cloud Computing: Top 5 Cloud Applications for 2010” , di mana lima besar aplikasi katagori komputasi awan tahun 2010 ditetapkan. Keamanan dan ketersediaan juga menjadi perhatian. Analis top mereka di International Data Corporation (IDC) mengatakan bagi beberapa institusi, manfaat memindahkan aplikasi tertentu ke awan lebih kecil dari risikonya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa institusi yang membutuhkan tempat penyimpanan yang besar dan terus berkembang adalah instusi yang paling mungkin untuk mengadopsi aplikasi awan, sebagaimana dikonfirmasi berdasarkan hasil survei IDC IT profesional. Berikut ini lima aplikasi awan yang mungkin akan mendominasi pada tahun 2010 dan dapat berhasil diterapkan oleh universitas dan perguruan tinggi dalam pendidikan ilmu komputer:

1. Collaboration Application. Email bergerak dan PIM bagi pemakai layanan. IDC mengatakan bahwa 67 persen responden survei setuju bahwa kolaborasi aplikasi seperti email, chatting, konferensi dan file sharing contohnya SharePoint adalah layanan yang paling sesuai untuk komputasi awan karena dapat mengurangi biaya jangka pendek . Salah satu contoh dalam dunia pendidikan diantaranya menggunakan kalender Gmail untuk proyek siswa, juga memanfaatkan akun IMAP email pada penyedia layanan gratis dan komersial (gmail.com, dll), skype.com untuk konferensi suara gratis, icq.com chatting gratis, GitHub.com dan SourceForge.net untuk source code gratis dan pengarsipan proyek dokumentasi dan berbagi kode sumber(open source).

2. Web Services. Memindahkan server web, alat analisis dan manajemen ke awan juga dapat menjadi prioritas, karena ini akan mengurangi biaya pemeliharaan dan ketergantungan pada model berlangganan serta meningkatkan pengembangan aplikasi secara cepat. Kita dapat memanfaatkan kedua model, sumber daya awan serta sumber daya lokal sendiri (Linux virtual dan fisik lokal, Microsoft Windows dan Mac OS server), kita dapat mengijinkan siswa untuk menggunakan sumber daya komputasi awan dari penyedia layanan besar seperti GoDaddy, Amazon dan beberapa lokal kecil ISP penyedia untuk proyek-proyek siswa.
  • Cloud OS

Salah satu Operating System (OS) yang sudah menerapkan teknologi dari Cloud Computing ini adalah Chromium OS dari Google. Dimana kita menjalan OS ini secara online, tidak perlu lagi menginstall di lokal PC kita. Tidak membutuhkan hardisk atau media penyimpanan lagi. Semua program akan dijalankan secara online. Yang terpenting adalah koneksi internet yang cepat.
Pada Perangkat keras dan Sistem Operasi (OS) sebagai Web Service melalui Internet publik. Berdasarkan prinsip web service, kita dapat mengirim permintaan untuk layanan ini bersama dengan beberapa parameter karena OS diharapkan bertindak sebagai interface ke CPU dan perangkat, kita dapat memangil layanan yang menerima “pekerjaan” yang harus diproses oleh OS dan hardware

SUMBER

 

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! .Get our toolbar!
 
Blogger Templates