Ads 468x60px

Photobucket Photobucket

Labels

Sample Text

Minggu, 04 November 2012

Internet dan New Media

Mengenal internet

      Internet adalah salah satu teknologi yang sangat amat terkenal dan amat dibutuhkan di dunia saat. Internet, siapa yang tidak kenal ? hampir seluruh dunia mengenal apa itu internet, dari segala kalangan mulai dari pejabat tinggi, kalangan selebriti,menengah sampai kalangan bawah. Seluruh negara di dunia berlomba-lomba memfasilitasi warga negaranya agar dapat menikmati internet, termasuk negara kita ini Indonesia.
Ini merupakan dampak dari semakin berkembangnya globalisasi, semakin kedepan semakin maju tekonologi, termasuk teknologi internet,di Indonesia mulai semakin populer dengan di tandai mulai banyak bermunculan warung-warung internet serta makin populernya modem-modem yang murah dan terjangkau. Untuk mengenal lebih dekat dengan internet mari kita mengenal sejarah internet lebih dalam. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (Interkoneksi) yang terbentuk dari miliyaran komputer di seluruh dunia, sehingga internet merupakan salah satu jembatan penting untuk masuk kancah dunia. 
Dan Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. 
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semuauniversitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Itu merupakan sedikit beberapa sejarah internet yang saya kutip dari sumber beberapa sumber. Kenapa internet begitu cepat meluas serta dapat diterima oleh masyarakat diseluruh dunia? Ada beberapa alasan. 
1. Internet merupakan sebuah media yang dapat menambah wawasan kita dengan cepat. Karena banyak situs-situs di internet yang menyediakan banyak informasi 
2. Internet merupakan sarana yang memudah kita untuk berinteraksi dengan seluruh teman,saudara bahkan orang yang ada di belahan negara lain 
3. Dan yang terakhir Internet bisa sebagai hiburan. 
 Dari semua hal di atas tentu saja internet memiliki keuntungan serta kerugian, nah kita mulai menbahas keuntungannya. 
1. Komunikas, dari yang saya sudah tulis di atas internet merupak salah satu media komunikas yang canggih serta simpel. 
2. Informasi, Internet merupakan ladang informasi, karena berbagai macam informasi banyak terdapat di internet 
3. Hiburan, media internet juga merupakan sarana hiburan karena banyak terdapat situs-situs di internet yang menyediakan game.
4. Layanan,Internet juga menyediakan berbagai macam layanan yang dapat mempermudah contohnya layanan perbankan 
 Ada keuntungan tentu ada kerugian, Kerugiannya adalah 
1. Pencurian informasi pribadi
2. Spamming 
3. Pornografi dll. 
Itu adalah berbagai keuntungan dan kerugian dari penggunaan internet yang saya kutip dari berbagi sumber di internet juga. 

New media 

      Pasti banyak sebagian orang yang mulai mendengar sedikit istilah new media, Untuk lebih jelas lagi kali ini kita akan membahas New media (Media baru) yang mulai sering terdengar. Apa itu new media ?? 
istilah new media mulai muncul di abad ke-20, seiring semakin berkembangnya teknologi di abad ke-20. Istilah new media (media baru) untuk mencangkup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20, yang sebagain besar merupakan teknologi yang tergolong baru , sebagaian besar yang digambarkan sebagai new media adalah digital, new media merupakan penggabungan media tradisional seperti film, gambar, musik, pembicaraan atau tulisan. Dan new media memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dll. Contohnya adalah website, komputer multimedia, permainan komputer dll. New media ada karena semakin berkembang nya internet dan selalu berhubungan satu sama lain. Contoh dari new media adalah : 

Smartphone ( telepon cerdas) telephone genggam yang kemampuan tingkat tinggi yang hampir menyerupai komputer. Bedanya dengan telephone genngam yang dulu adalah smartphone mungkin lebih simpel dan lebih memiliki banyak kegunaan, salah satu contohnya adalah jika dahulu kala kita ingin melihat suatu lokasi , kita harus menggunakan peta atau atlas, namun dengan semakin berkembangnya media internet kita dapat mengetahui suatu lokasi melalui internet dengan menggunakan google maps. Dan semakin berkembang terus menerus google maps bisa kita rasakan kegunaanya di smartphone yang bisa kita bawa-bawa dan kita gunakan di manapun kapanpun

sumber : wikepedia.com
 

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! .Get our toolbar!
 
Blogger Templates